Home / Kabar Dinas / SMA/SMK/MA se-Surabaya Siap Melaksanakan UNBK

SMA/SMK/MA se-Surabaya Siap Melaksanakan UNBK

Surabaya – Ratusan Kepala sekolah SMA, SMK dan MA se-Surabaya menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Penandatangan pakta Integritas yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Surabaya di SMK Negeri 6 Surabaya.

Acara yang berlangsung di Aula SMKN 6 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Surabaya Dr. Sukaryantho, M. Si, Rabu (29/03). Selain kepala sekolah, rapat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd, Manajer Area PLN Surabaya Selatan Saleh Siswanto, General Manager Telkom Surabaya, M. Nasrun Ihsan, Kasi Pendma Kankemenag Kota Surabaya Dra. Umi Kholisoh, M.Pd dan Kasat Pam Obvit Polrestabes Surabaya AKBP Minarti.

Penandatanganan Pakta Integritas Surabaya Siap UNBK 100%

Pada kesempatan ini, Sukaryantho menyampaikan laporannya bahwa SMA/MA/SMK se-Surabaya siap melaksanakan UNBK 100% dan mengunakan CCTV sebagai media pengawas ujian untuk mengawasi siswa sehingga peserta didik dapat mengerjakan ujian nasional dengan tenang, aman dan nyaman. “Sebenarnya konsep menggunakan CCTV sudah kami terapkan sejak pelaksanaan USBN yang lalu”, ucap kacabdindik Surabaya.

UNBK 2017 berlangsung dari tanggal 3 – 6 April 2017 untuk jenjang SMK dan tanggal 10 – 13 April 2017 untuk jenjang SMA/MA. Sedangkan jumlah peserta UNBK 2017 kota Surabaya adalah SMA 18.157 peserta, SMK 17479 peserta, dan MA 1.324 peserta. UNBK diikuti 256 lembaga pendidikan/sekolah, yakni SMA 137 sekolah, SMK 103 sekolah dan MA 16 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman mengatakan, Kota Surabaya ini merupakan kota yang bonek dalam melaksanakan UNBK 100%. Hal itulah yang menjadi penggerak dilaksanakannya UNBK Jatim 100%.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Saat ini, menjelang pelaksanaan UNBK, persiapan terus dilakukan oleh Tim Telkom dan PLN untuk menunjang kelancaran dalam pelaksanaan sinkronisasi dan ujian utama. Tim Telkom telah disebar ke seluruh sekolah yang berada di Surabaya untuk mengecek semua infrastruktur, kabel, maupun perangkat internet yang ada di sekolah.

Sementara itu, pihak PLN juga menerjunkan Tim Reaksi Cepat yang juga tersebar di seluruh kota Surabaya. Untuk pemeliharaan rutin pun telah dijadwalkan ulang, jangan sampai mengganggu kelancaran saat UNBK berlangsung. Dari pihak kepolisian juga dikerahkan satuan unit Intel dan Sabhara mengantisipasi gangguan keamanan yang ada di sekitar wilayah sekolah.

Tim 25 – Tim Helpdesk Kota Surabaya

Untuk mengatasi trouble di lapangan, Tim Helpdesk Kota Surabaya yang berjumlah 25 orang telah disebar di lima lokasi atau wilayah, yakni Selatan, Barat, Utara, Timur, dan Pusat. Selain itu, untuk mempermudah berkomunikasi dengan Proktor dan Teknisi di sekolah, Tim Helpdesk Kota Surabaya menggunakan grup Telegram.

Download:
Materi rapat koordinasi