Home / Kabar Dinas / Gubernur Jatim Pastikan UNBK SMA Berlangsung Lancar

Gubernur Jatim Pastikan UNBK SMA Berlangsung Lancar

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA berlangsung aman dan lancar. Hal itu dipastikan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo saat sidak di sejumlah sekolah, Senin (10/4/2017).

Saat sidak di SMAN 5, SMAN 2, SMAN 1, dan SMAN 9, Kota Surabaya, Pak Gubernur menekankan kembali kepada semua kepala sekolah tentang pentingnya mewujudkan visi dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia berkualitas pada 2025 sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Hal itu sangat penting mengingat menjadi tugas kita semua untuk menuju bonus demografi dalam mendorong pendidikan, serta terus meningkatkan skill menghadapi pembangunan jangka panjang menuju Indonesia emas. Karenanya, Pak Gubernur memotivasi semua pihak agar terus berupaya menyiapkan siswa-siswa Jawa Timur baik fisik dan ilmu untuk mengantisipasi unskill tenaga kerja selama ini.

Usai sidak bersama Pak Gubernur, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr Saiful Rachman MM MPd melanjutkan sidak ke sekolah lainnya. Pak Saiful memantau langsung pelaksanaan UNBK tidak hanya di SMA negeri, tapi juga di SMA swasta. Hal itu dilakukan guna melihat kualitas penyelenggaraan UNBK pada sekolah swasta diantaranya di SMAK St. Louis dan SMA Khadijah.

Dari kegiatan peninjauan terhadap pelaksanaan UNBK tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa SMA negeri maupun SMA swasta benar-benar sudah siap melaksanakan UNBK meskipun masih ada yang perlu disempurnakan.

Pada kesempatan itu, Pak Saiful menyatakan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini, pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan sekolah telah mempersiapkan seluruh sarana prasarana seperti komputer, server, dan genzet dengan baik.

Bahkan, sistem pengamanan data juga sudah disiapkan. Panitia menyediakan genset sebagai antisipasi listrik padam yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Dengan begitu, ketika resiko mati lampu sekali pun, maka komputer secara otomatis akan menyimpan data sehingga tidak mengganggu siswa yang mengikuti ujian.